.
Like & Follow Blog Dede Hermawan

×

Cara Membuat Animasi When The Children Fly Di After Effects

Posted by dehermawan Tuesday, September 23, 2014 0 comments
Tutorial ini menjelaskan secara bertahap dan detail pembuatan animasi dasar. Mulai dari Import sampai tahap akhir sampai Rendering. Di tutorial ini anda mengetahui cara atur posisi, merubah ukuran dan transparansi objek. Tidak ada efek ditutorial ini, namun anda akan meengetahui prinsip dasar pembuatan animasi di After Effects.

Materi
1.Pengaturan Composition untuk format VideoCD
2.Import gambar format PSD dari Photoshop
3.Pembuatan keyframe animasi Position, Scale, Opacity (PRST)
4.Render : membuat movie format AVI

1.PERSIAPAN
Membuat Bidang Kerja Video CD PAL
1.Jalankan Adobe After Effects very berapa saja
2.Kini kita sudah mempunyai bidang kerja / project kosong dengan nama untilited project.aep (aep = after effects project). Namun project tersebut belum ada adegan / Composition. Untuk membuat adegan / composition baru klik menu Composition -> New Composition. Agar bidang sesuai standar Video CD PAL  atur sebagai berikut :
·         Lebar layar / width : 352 pixel
·         Tinggi layar / Heigh : 288 Pixel
·         Frame Rate : 25 Frames per Sconed (gambar per detik )
·         Duration 0:00:06:00 artinya : 0 jam , 0 menit, 6 detik, 0 frame ( 1 detik = 25 frame)
     3.Simpan hasil setting tersebut dengan nama missal : VideoCD PAL. Catatan : untuk selanjutnya setting untuk semua project seperti settingan di atas.
      4.Kini tampilan dibidang after effects sebagai berikut :

Mengimport Gambar
After effects adalah software animasi buka image editor, oleh karena itu data gambar / image harus disiapkan dahulu. Format image yang dapat diimport di after effects sangat banyak antara lain : jpg, bmp, tiff, tga dan photoshop (psd), avi, mov, mpg dll.
1.Untuk mengimport gambar, klik menu File -> Import -> File…. Klik childfly.psd, (bisa download diakhir tutorial ini ) klik tombol Open.
 2.File childfly.psd mempunyai 3 layer, anda di minta memilih salah satu layer yang akan dipakai, pilih layer background
 3.Ulangi import untuk layer 3 dan child. Klik menu File -> Import -> File…., pastikan memilih Footage Dimension : Layer Size agar kedua layer gambar ukuannya sama seperti di Adobe Photoshop.
 4.Sekarang project anda sudah mempunyai data : 3 layer (background, child & layer 3) dari file childfly.psd dan Composition Comp 1.
Mengkomposisi Gambar
Data sudah masuk kedalam project tapi belum tampil dilayar. Untuk itu data tersebut harus dimasukan ke dalam timeline composition  atau langsung ke layar preview.
1.Drag background….psd ke Timeline Composition (Comp1-Timeline) atau langsung ke layar Preview.
 2.Ulangi untuk layer 3/child.psd dan layer child/childfly.psd sehingga pada timeline kini terdapat 3 layer.
 3.Layer child dengan gambar anak superhero baru tampil di detik ke 4 (04:00f). untuk itu geser layer aktifkan dulu Selection Tool.
 4.Di Timeline , geser bar yang berwarna merah pada layer child/childfly.psd ke detik 4 (04:00f)
 5.Untuk melihat hasilnya, tekan tombol Play/Pause pada palette Time Control (Shortcut : Spacebar) Catatan : agar tampil realtime gunakan tombol RAM Preview.
 6.Terlihat Current Time Indicator bergerak dan gambar anak superhero muncul tiba-tiba di detik 04:00f, tidak menarik bukan? Tidak masalah, karena berikutnya akan lebih menarik setelah anda animasi Posisi, Rotasi, Skala & Transparansi.
2.PEMBUATAN ANIMASI
Animasi Objek Bergeser Posisi (Posiition)
Ini bagian utama After Effect, yaitu Animasi. Jika anda mengerti prinsip dasar animasi ini, maka latihan berikutnya akan menjadi mudah. Animasi yang paling sederhana adalah animasi posisi, sebagai berikut
1.Untuk persiapan, matikan ikon mata untuk menyembunyikan layer Child dan Kunci layer Background agar tidak bisa bergeser.
 2.Klik Selection Tool , lalu klik layer 3 untuk mengaktifkan lingkaran hitam berisi teks “when the children fly”.
 3.Di Timeline , pastikan Current Time Indicator berada di awal movie (00:00f) pada palette Time Control, klik tombol First Frame (Shortcut : Home).
 4.Di Timeline klik panah segitiga putih di samping layer layer 3, maka muncul Transform. Klik segitiga putih pada Transform, maka akan muncul parameter Position.
 5.Untuk memulai posisi animasi, klik tombol Time Very Stop Watch disamping Position.
 6.Aktifkan Selection Tool . geser lingkaran / layer 3 kekanan bawah seperti gambar berikut :
 7.Di Timeline,geser Current Time Indicator ke detik 2 (02:00f).
 8.Aktifkan Selection Tool. Geser lingkaran / layer 3 kekiri atas seperti gambar berikut :
 9.Di Timeline,geser Current Time Indicator ke detik 4 (04:00f).
 10.Aktifkan Selection Tool. Geser lingkaran / layer 3 ke tengah seperti gambar berikut :
 11.Untuk mengatur kurva jalur lebih bebas, aktifkan Selection Tool, Lalu Drag Bezier di salah satu keyframe.
 12.Di Timeline, sekarng kita sudah mempunyai 3(tiga) buah keyframe untuk Position sebagai berikut :
 13.Untuk melihat hasilnya tekan tombol Play/Pause atau RAM Preview pada palette Time Control. Objek tersebut animasi dengan berubah posisinya bukan ?
Animasi Objek Membesar Dengan Scale
1.Pastikan saat ini Current Time Indicator berada diawal animasi (00:00f), pada palette Time Control, klik tombol Frist Frame (Shortcut : Home).
 2.Di Timeline, klik panah segitiga putih pada layer layer 3, lalu klik panah segitiga putih pada Transform.maka akan muncul pengaturan keyframe untuk Scale. Untuk memulai animasi ukuran, klik tombol Time Very Stop Watch disamping Scale.
 3.Agar ukuran gambar child tetap proposional, dilayar Preview, tahan dan Geser (Drag) Titik Kontrol Kiri atas sambil menekan tombol Shift di keyboard. Drag sampai gambar layer 3 berukuran kecil (30% dari ukuran aslinya).
 4.Di Timeline, geser Current Time Indicator kedetik ke 4 (04:00f).
 5.Di layar preview ubah ukuran gambar layer layer3 , menjadi normal (100%). Caranya bisa menggunakan titik control seperti sebelumnya, atau dengan merubah nilai scale pada timeline. Klik lalu atur angka Scale menjadi 100%. Otomatis angka disebelahnya ikut berubah menjadi 100%. Karena ikon link / rantai aktif. Maka kita sudah mempunyai 2 (dua) Keyframe Scale sbb:
 6.Play atau RAM Preview, tampak animasi gambar lingkaran / layer3 bergerak berubah tempat sambil membesar. Mudah bukan ?
Animasi Objek Berputar Dengan Rotation
1,Pastikan layer3 aktif. Pastikan juga time current indicator di 00:00f, pada palette Time Control, klik tombol First Frame.
 2.Untuk memulai animasi Rotation, klik tombol Time-Very Stop Watch
 3.Klik Rotation Tool untuk memutar gambar
 4.Di layar Preview , Drag (Tahan dan Geser) gambar layer3, maka gambar akan berputar. Agar putaran bergeser setiap 45 drajat, tekan dan tahan tombol Shift dikeyboard. Drag sampai gambar layer3 terbalik 180 drajat.
 5.Di Timeline, geser Current Time Indicator ke detik 4 (04:00f).
 6.Untuk memutar layer3 bisa menggunakan Rotation Tool atau dengan cara merubah nilai Rotation di Timeline. Klik angka menjadi 2X +0.0 (Gambar berputar 2 X 360 drajat)
 7.Play atau RAM Preview , tampak animasi lingkaran / layer3 berubah tempat sambil membesar dan berputar. Sampai tahap ini masih mudah bukan ?

Animasi Transparansi Objek
1.Aktifkan layer child , pastikan Current Time Indicator di 04:00f
 2.Di Timeline layer Child, klik segita putih pada Transform -> Opacity. Untuk memulai animasi Opacity,klik tombol Time Very Stop Watch di samping Opacity, ubah nilainya menjadi 0 (semula 100). Maka di layar priview . layer child akan hilang / transparan.
 
3.Geser Current Time Indicator ke 05:00f, ubah nilai Opacity menjadi 100, maka layer child muncul kembali. Kini kita punya 2(dua) Keyframe Opacity sbb:
  4.Play atau RAM Preview , tampak animasi Child mulai dari tarnsparan berangsur-angsur menjadi terlihat jelas.

Animasi Scale Untuk Layer Child
Agar lebih lengkap, buat animasi scale pada layer child dari besar berubah menjadi ukuran normal.prinsipnya sama saja dengan animasi lingkaran / layer3.
1.Aktifkan layer child, aktifkan Time Very Stop Watch disamping parameter Scale.
2.Buat keyframe scale di 04:00f = 150% (gambar ukuran besar)
3.Buat keyframe scale di 05:00f = 100% (gambar ukuran normal)
 4.Beres Play atau RAM Preview. Animasi Child kurang lebih sebagai gambar berikut :
3.FINALISASI & RENDERING
Render Animasi Ke Format AVI
1.Agar animasi bisa ditampilkan di computer lain, render menjadi file format AVI. Klik menu Composition -> Make Movie. Maka muncul kotak dialog untuk menentukan folder hasil render kita sbb :
 2.Klik tombol Render , proses render berjalan, kita harus menunggu sampai terdengar bunyi ‘cring’ tanda proses render selesai.
 3.Untuk melihat hasil di folder tsb, jalankan file Comp1.avi dengan Windows Media Player.

4.Hore berhasil!!! Anda kini telah bisa membuat animasi di After Effects. Mudah bukan ? sampai disini telah selesai.

Download

Saya berterima kasih untuk penerbit Hendi Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.

My Friends

My Site Info