Cara Membuat Modelling Batman Begins di 3Ds Max
Thursday, September 18, 2014
0
comments
Tujuan
Sebelum memasuki teknik box
modeling, lebih baik anda kuasai dulu teknik gambar 2D. Dengan tool Line dapat
dibuat macam-macam bentuk 2D seperti Coreldraw. Setelah bentuk/shape 2D selesai
dapat diberi modifier Extrude & Bevel untuk menjadikan objek 3D. Dengan
kasus Logo Batman Begins diharapkan anda dapat membentuk
logo yang lebih rumit. Tutorial dapat dipraktekan di 3Ds Studio Max semua
versi.
Materi
1.
Tool : Mirror,
Select and Move, Quick Render
2.
Tool : Region
Zoom, min/max Toggle, Zoom Extents All
3.
Objek : Line
4.
Bezier, Bezier
corner & smooth
5.
Modifier :
Extrude & Bevel
6.
Parameter :
Attach, Weld
1.PERSIAPAN
1.Bersihkan
tampilan 3D Studio Max, klik menu File->Reset. 2.Sebelum memulai membuat objek, sebaiknya Non-aktifkan tool Snap Toggle, agar menggambarkan lebih bebas
.
2.MODELLING
2D/ SHAPPING
Membuat
Sayap Kiri Batman.
Logo batman mempunyai bentuk yang
simestis (Sayap kiri dan kanan sama & seimbang). Oleh karena itu perlu
teknik penggambaran yang persis.
1.Klik panel Creat -> Shapes -> Line2.Agar menggambar lebih jelas & mudah, Aktifkan Viewport Front
3.Kita menggambar
sayap batman sebelah kiri, mulai bentuk dari ‘ubun-ubun atas’ terus tanpa
berhenti sampai ‘ekor bawah’. Masih dalam tombol Line aktif. Klik diatas ubun – ubun sampai membentuk kepala batman.
Anda akan mendapatkan 4 buah titik / Vertex(no.1 sampai vertex no.4)
5.Selanjutnya dengan teknik Klik & Drag seperti tadi,anda tentu dapat meneruskan sampai ujung ekor sebagai gambar.
Memperbaiki
Vertex
Setelah anda menyelesaikan bagian
kiri logo batman, tentu hasilnya kurang memuaskan. Kini kita akan memperbaiki
vertex dan garis agar lebih halus dan presis.
1.Aktifan Line
batman tersebut 2.Klik panel Modify, klik tanda ‘+’ pada Line atau Modus Vertex untuk memasuki pengeditan titik vertex.
3.Klik tool Select and Move
4.Anda kini dapat
merubah posisi setiap vertex yang telah ada. Silakan berlatih.
Merubah
Jenis Vertex
1.Untuk membuat
jenis vertex agar lebih lancip dan mudah diatur anda dapat Klik kanan pada vertex yang anda pilih. Misal pada vetex sebagai
digambar. 2.Kadang untuk menggeser Control Bezier (kotak kecil) ke posisi yang anda inginkan, agak terbatas pada sumbu tertentu saja. Untuk membebaskan batas gerak, klik kanan pada toolbar, maka tampil menu, aktifkan Axis Constraints, dan aktifkan icon ‘XY’,sekarang silakan coba geser beizer yang sulit diatur tadi. Control Bezier kini bisa lebih bebas bergerak bukan?
3.Lanjutkan lagi
pengeditan vertex untuk ‘ubun-ubun batman’ agar lebih melengkung. Anda lebih
baik mencobannya sendiri OK?
Viewport
Dengan Zoom Extents & Full Screen
1.Agar pandangan
di semua Viewport lebih efisien dan sesuai batas gambar, klik tool Zoom Extents All. 2.Agar hanya ada Viewport Front saja, sehingga tampil Full Screen, klik tool Min/Max Toggle, maka kini di 3D studio Max hanya ada 1 Viewport.
Mencerminkan
& Duplikat Sayap Batman
1.Matikan modus
vertex, sehingga tidak ada sub-object yang aktif. 2.Untuk mencerminkan sambil menduplikat objek, Klik tool Mirror Select Object, maka akan tampil kotak dialog Mirror. Aktifkan Mirror Axis : X dan Copy.
3.Akan ada sayap
hasil copy, namun posisi tumpang tindih, untuk mengaturnya atur parameter Offset. Catatan : Anda dapat mendrag
tanda panah dengan mouse secara cepat & jauh, seperti sedang menyetika. Silakan Mencoba.
4.Kini di Viewport Front,akan tampil logo batman
yang lebih simetris yang terdiri dari sayap kiri & kanan. Kedua objek
tersebut masih belum bersatu.
Menyatuhkan
Objek Dengan Attach
1.Dua sayap
tersebut masih terpisah, untuk menjadikan sebagai objek tunggal, Klik Salah satu Objek sayap batman tsb. 2.Klik panel Modify, pastikan Line aktif
3.cari dipanel
(anda harus mendrag panel keatas) aka nada tombol Attach. Klik tombol Attach tersebut.
4.Lalu klik sayap yang lain . jika anda
memilih sayap yang benar icon akan berubh seperti pada gambar. 5.OK sekarang kedua sayap tersebut menjadi objek tunggal
Menyatuhkan
2 Vertex Dengan Weld
1.Dua sayap kini
telah menjadi objek tunggal, tetapi tetap tidak bisa dibuat sebagai objek 3D
utuh karena ada vertex yang masih terbuka / belum bersatu. Untuk melihat
masalahnya, aktifkan / klik objek batman tersebut. 2.Klik panel Modify, aktifkan modus Vertex.
3.Lihat dari dekat
bagian ubun-ubun, klik tombol Region
Zoom, drag pada daerah ubun-ubun tersebut.
5.Setelah yakin kedua vertex terseleksi, klik tombol Weld (anda harus drag Command panel ke atas untuk menemukannya). Namun tidak ada pengaruh dikedua vertex tersebut, karena jangkauan / angka weld 0,1 kurang besar. Untuk mempebesar daya jangkau weld, atur nilai missal 10 (satu kotak grid terkecil nilainya 10). Coba ulang klik tombol Weld tersebut.
6.Kini seharusnya
kedua vertex tersebut telah ‘di-las’ menjadi satu.
7.Masalah yang
sama ada pada ekor batman. Mungkin kedua vertex tersebut tampil sebagai
berikut. Anda tentu dapat menyatuhkannya dengan Weld seperti sebelumnya bukan ? 8.Beres batman 2D sudah selesai.
Memberi
Ketebalan Dengan Extrude
Logo batman 2D sudah selesai, namun
jika di-render (tombol F9 dikeyborad)
hasil tidak terlihat apa-apa. Oleh karena itu objek 2D tersebut harus diberi
perintah / modifier, missal Extrude.
1.Aktifkan logo
batman tersebut dengan tool Select and
Move. 2.Klik panel Modify -> Modifer List -> Extrude.
3.Atur parameter
extrudenya, Di parameter Amount =
(missal) 20 sebagai berikut, maka logo batman terlihat lebih tebal. Anda kini
dapat melihat hasilnya jika di-render (tombol F9)
Memberi
Ketebalan Dengan Bevel
1.Ada perintah /
Modifer List lain selain Extrude,
yaitu Bevel. Sebelumnya anda harus
membuang modifier List Extrude yang ada pada logo batman. Klik Modifer Extrude, klik icon bergambar tong
sampah : Remove Modifer From The Stack. 2.Setelah Modifer List Extrude hilang, aktifkan logo batman tersebut dengan tool Select and Move.
3.Klik panel Modify -> Modifer List -> Bevel
4.Atur parameter Bevel sebagai berikut:
5.Dengan bevel, selain ketebalan seperti extrude juga ada kesan ‘emboss’nya. Coba putar pandangan di Viewport Perpective dengan tool Arc Rotate.
Mengeksport
Hasil Render
1.Agar hasil lebih
baik, berikan material kesukaan ada pada logo batman tsb. Klik menu Rendering-> Material Browser, selanjutnya,
seperti yang pernah dibahas di Tutorial sebelumnya. 2.Render (F9) Viewport Perspective atau dengan tombol Quick Render toolbar.
3.hasilnya tampak Background hitam disekeliling logo
batman tersebut. Save hasil render tersebut, klik Icon Disket, save ke dalam format TIF agar dapat mengaktifkan option Alpha Channel.
4.Klik tombol Save. Selesai OK……Download
1.file
Saya
berterima kasih untuk penerbit Hendi
Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan
lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment
Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.