.
Like & Follow Blog Dede Hermawan

×

Cara Membuat Modelling Batman Begins di 3Ds Max

Posted by dehermawan Thursday, September 18, 2014 0 comments


Tujuan

Sebelum memasuki teknik box modeling, lebih baik anda kuasai dulu teknik gambar 2D. Dengan tool Line dapat dibuat macam-macam bentuk 2D seperti Coreldraw. Setelah bentuk/shape 2D selesai dapat diberi modifier Extrude & Bevel untuk menjadikan objek 3D. Dengan kasus Logo Batman Begins diharapkan anda dapat membentuk logo yang lebih rumit. Tutorial dapat dipraktekan di 3Ds Studio Max semua versi.



Materi

1.      Tool : Mirror, Select and Move, Quick Render

2.      Tool : Region Zoom, min/max Toggle, Zoom Extents All

3.      Objek : Line

4.      Bezier, Bezier corner & smooth

5.      Modifier : Extrude & Bevel

6.      Parameter : Attach, Weld



1.PERSIAPAN
1.Bersihkan tampilan 3D Studio Max, klik menu File->Reset. 
2.Sebelum memulai membuat objek, sebaiknya Non-aktifkan tool Snap Toggle, agar menggambarkan lebih bebas
.

2.MODELLING 2D/ SHAPPING

Membuat Sayap Kiri Batman.

Logo batman mempunyai bentuk yang simestis (Sayap kiri dan kanan sama & seimbang). Oleh karena itu perlu teknik penggambaran yang persis.
1.Klik panel Creat -> Shapes -> Line

2.Agar menggambar lebih jelas & mudah, Aktifkan Viewport Front
     3.Kita menggambar sayap batman sebelah kiri, mulai bentuk dari ‘ubun-ubun atas’ terus tanpa berhenti sampai ‘ekor bawah’. Masih dalam tombol Line aktif. Klik diatas ubun – ubun sampai membentuk kepala batman. Anda akan mendapatkan 4 buah titik / Vertex(no.1 sampai vertex no.4)

4.Sampai bagian sayap, kita akan membuat garis melengkung, di titik vertex 5, Drag keatas di titik ke-5 ke atas, Klik di titik ke-6.
 5.Selanjutnya dengan teknik Klik & Drag seperti tadi,anda tentu dapat meneruskan sampai ujung ekor sebagai gambar.
 
Memperbaiki Vertex

Setelah anda menyelesaikan bagian kiri logo batman, tentu hasilnya kurang memuaskan. Kini kita akan memperbaiki vertex dan garis agar lebih halus dan presis.
1.Aktifan Line batman tersebut 
2.Klik panel Modify, klik tanda ‘+’ pada Line  atau Modus Vertex untuk memasuki pengeditan titik vertex.


      3.Klik tool Select and Move
4.Anda kini dapat merubah posisi setiap vertex yang telah ada. Silakan berlatih.





Merubah Jenis Vertex
1.Untuk membuat jenis vertex agar lebih lancip dan mudah diatur anda dapat Klik kanan pada vertex yang anda pilih. Misal pada vetex sebagai digambar. 
2.Kadang untuk menggeser Control Bezier (kotak kecil) ke posisi yang anda inginkan, agak terbatas pada sumbu tertentu saja. Untuk membebaskan batas gerak, klik kanan pada toolbar, maka tampil menu, aktifkan Axis Constraints, dan aktifkan icon ‘XY’,sekarang silakan coba geser beizer yang sulit diatur tadi. Control Bezier kini bisa lebih bebas bergerak bukan?



     3.Lanjutkan lagi pengeditan vertex untuk ‘ubun-ubun batman’ agar lebih melengkung. Anda lebih baik mencobannya sendiri OK?




Viewport Dengan Zoom Extents & Full Screen
1.Agar pandangan di semua Viewport lebih efisien dan sesuai batas gambar, klik tool Zoom Extents All. 
2.Agar hanya ada Viewport Front saja, sehingga tampil Full Screen, klik tool Min/Max Toggle, maka kini di 3D studio Max hanya ada 1 Viewport.




Mencerminkan & Duplikat Sayap Batman
1.Matikan modus vertex, sehingga tidak ada sub-object yang aktif. 
2.Untuk mencerminkan sambil menduplikat objek, Klik tool Mirror Select Object, maka akan tampil kotak dialog Mirror. Aktifkan Mirror Axis : X dan Copy.
      3.Akan ada sayap hasil copy, namun posisi tumpang tindih, untuk mengaturnya atur parameter Offset. Catatan : Anda dapat mendrag tanda panah dengan mouse secara cepat & jauh, seperti sedang menyetika. Silakan Mencoba.
     4.Kini di Viewport Front,akan tampil logo batman yang lebih simetris yang terdiri dari sayap kiri & kanan. Kedua objek tersebut masih belum bersatu.





Menyatuhkan Objek Dengan Attach
1.Dua sayap tersebut masih terpisah, untuk menjadikan sebagai objek tunggal, Klik Salah satu Objek sayap batman tsb. 
2.Klik panel Modify, pastikan Line aktif
     3.cari dipanel (anda harus mendrag panel keatas) aka nada tombol Attach. Klik tombol Attach tersebut.
4.Lalu klik sayap yang lain . jika anda memilih sayap yang benar icon akan berubh seperti pada gambar. 
5.OK sekarang kedua sayap tersebut menjadi objek tunggal


Menyatuhkan 2 Vertex Dengan Weld
1.Dua sayap kini telah menjadi objek tunggal, tetapi tetap tidak bisa dibuat sebagai objek 3D utuh karena ada vertex yang masih terbuka / belum bersatu. Untuk melihat masalahnya, aktifkan / klik objek batman tersebut. 
2.Klik panel Modify, aktifkan modus Vertex.
     3.Lihat dari dekat bagian ubun-ubun, klik tombol Region Zoom, drag pada daerah ubun-ubun tersebut.
 

4.Klik tool Select and Move, seleksi kedua vertex tersebut.
 
5.Setelah yakin kedua vertex terseleksi, klik tombol Weld (anda harus drag Command panel ke atas untuk menemukannya). Namun tidak ada pengaruh dikedua vertex tersebut, karena jangkauan / angka weld 0,1 kurang besar. Untuk mempebesar daya jangkau weld, atur nilai missal 10 (satu kotak grid terkecil nilainya 10). Coba ulang klik tombol Weld tersebut.
      6.Kini seharusnya kedua vertex tersebut telah ‘di-las’ menjadi satu.
7.Masalah yang sama ada pada ekor batman. Mungkin kedua vertex tersebut tampil sebagai berikut. Anda tentu dapat menyatuhkannya dengan Weld seperti sebelumnya bukan ? 
 8.Beres batman 2D sudah selesai.




Memberi Ketebalan Dengan Extrude

Logo batman 2D sudah selesai, namun jika di-render (tombol F9 dikeyborad) hasil tidak terlihat apa-apa. Oleh karena itu objek 2D tersebut harus diberi perintah / modifier, missal Extrude.
1.Aktifkan logo batman tersebut dengan tool Select and Move. 
2.Klik panel Modify -> Modifer List -> Extrude.
     3.Atur parameter extrudenya, Di parameter Amount = (missal) 20 sebagai berikut, maka logo batman terlihat lebih tebal. Anda kini dapat melihat hasilnya jika di-render (tombol F9)




Memberi Ketebalan Dengan Bevel
1.Ada perintah / Modifer List lain selain Extrude, yaitu Bevel. Sebelumnya anda harus membuang modifier List Extrude yang ada pada logo batman. Klik Modifer Extrude, klik icon bergambar tong sampah : Remove Modifer From The Stack. 
 2.Setelah Modifer List Extrude hilang, aktifkan logo batman tersebut dengan tool Select and Move.
      3.Klik panel Modify -> Modifer List -> Bevel


4.Atur parameter Bevel sebagai berikut: 
5.Dengan bevel, selain ketebalan seperti extrude juga ada kesan ‘emboss’nya. Coba putar pandangan di Viewport Perpective dengan tool Arc Rotate.


Mengeksport Hasil Render
1.Agar hasil lebih baik, berikan material kesukaan ada pada logo batman tsb. Klik menu Rendering-> Material Browser, selanjutnya, seperti yang pernah dibahas di Tutorial sebelumnya. 

2.Render (F9) Viewport Perspective atau dengan tombol Quick Render toolbar.


    3.hasilnya tampak Background hitam disekeliling logo batman tersebut. Save hasil render tersebut, klik Icon Disket, save ke dalam format TIF agar dapat mengaktifkan option Alpha Channel.
4.Klik tombol Save. Selesai OK……

 Download
1.file


Saya berterima kasih untuk penerbit Hendi Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.

Jangan lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com


0 comments:

Post a Comment

Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.

My Friends

My Site Info