Pengertian Desain Grafis
Friday, October 3, 2014
1
comments
Saya
berterima kasih untuk penerbit Hendi
Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan
lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com
- See more at: http://dehermawan.blogspot.com/2014/09/cara-membuat-animasi-when-children-fly.html#sthash.tdRmPqM8.dpuf
Hallo sahabat blogger kali ini saya akan membagikan kepada kalian tentang desiner grafis. Banyak pertanyaan didalam diri kita tentang apa shi desain grafis itu dan apa shi kegunaanya desain grafis tersebut. Pertanyaan seperti itu sekarang akan dibahas dibawah ini. Simak dengan baik supaya kalian mengerti tentang desainer grafis.
1.Apa
yang di maksud dengan Desain Grafis ?
Desain Grafis dapat
diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam Gambar.
2.Apa
saja lingkup kerja desainer grafis ?
Banyak sekali, antara
lain : desainer cover buku, layout halaman , coverCD, interface, brosur,
undangan, kartu nama, sign system, logo, web design, animasi, packging/kemasan,
ilustrasi, game, modeller3D, foto digital, iklan dll.
3.Wah,
kalau gitu semua orang bisa jadi desainer dong ?
Ya, setiap orang adalah
desainer ! secara tidak sadar anda sering mencoret-coret buku tulis, membuat
undangan, membuat kaligrafi nama anda, menempel gambar dikamar, memilih warna
cat rumah, semua adalah pekerjaan desainer.
4.Dimana
saja perkerjaan desainer grafis ?
Biasanya dipercetakaan,
penerbit, image setting, foto setudio, biro iklan, production house dll.
5.Itu
saja tempat kerja desainer grafis ?
Tentu saja tidak. Bisa
juga bekerja diperusahaan yang tidak ada hubungan langsung dengan media-media
tersebut. Kemungkinan dapat diperkerjakan sebagai karyawan. Freelance atau
rekan yang tugasnya membuat tampilan laporan, pesentasi, proposal, desain
sepanduk, promosi dll agar lebih menarik. Oleh karena itu setiap perusahaan
atau individu memerlukan pekerjaan desain grafis. Mana ada sih perusahaan yang
tidak punya kartu nama, kop surat atau bentuk promosi lainnya? Itu semua adalah
pekerjaan desain grafis ?
6.Selain
kerja diperusahaan, bisa tidak membuat usaha sendiri ?
Itu yang dicari
desainer: kebebasan waktu dan financial. Jika sudah banyak pengalaman dan portofolio,
anda bisa membuat usaha sendiri dengan modal ruang produksi, computer dan uang
downpayment dari klien, anda sudah bisa menerima pekerjaan/ order desain.
7.Saya
ga keterima jadi karyawan, juga takut kalau buka usaha. Terus gimana ?
Jadi instructor /
pengajar. Lumayan sambil menunggu proyek yang lebih besar, ilmu kita juga akan
tetap hangat terus. Dengan banyak member ilmu, kita akan semakin pintar, awet
muda dan insyaallah menjadi modal di akherat kelak. Setelah anda banyak
pengalaman dan ilmu, segera abadikan lewat buku, website dll, lalu siap-siaplah
dilamar pekerjaan (bukan melamar pekerjaan) dan menerima passive income.
8.Bagaimana
menentukan harga sebuah desainer ?
Untuk menentukan harga
karya sendiri, ada beberapa pendekatan :
1.Menentukan harga sesuai kerumitan dan
sumber daya yang dipakai 2.Menentukan harga sesuai budget klien, kualitas menyesuaikan
3.Menentukan harga sesuai harga pesaing di pasaran dll
9.Pendekatan
apa yang paling baik ?
Tidak ada yang lebih
baik. Tergantung tujuan dan srategi anda. Jika saya pribadi menghindari
pendekatan ke 3, karena karya seni mempunyai nilai yang khas. Ada factor
fortopolio, pengalaman, nama besar dll. Dengan meningkatkan kualitas dan
pengalaman kita akan tinggi pula daya saing dan daya jual karya kita.
10.Media/sarana
apa saja yang bisa dipakai sebagai media komunikasi grafis ?
Untuk menyampaikan
pesan atau informasi kepada public, diperlukan media/atau sarana antara lain :
1.Media
Cetak : missal : poster, brosur, buku, stiker, cover
CD/kaset, leaflet, tas belanja, kartu nama, iklan majalah/Koran. 2.Media Luar Ruang : missal : spanduk, banner, X-banner, billboard, papan nama, neon sign, baliho, mobil box.
3.Media Elektronik : missal : televise, film, internet, handphone, computer, radio dll.
4.Tempat Pajang / Display : missal : etalase, desain gantung, floor stand.
5.Barang-barang Kenangan / Special Offer : missal : kaos, topi, payung, gelas, souvenir, tas dll.
11.Apa
bedanya desain grafis dan Desain komunikasi visual ?
Sebenernya tidak
terlalu berbeda. Desain grafis ini lebih dikenal sebagai nama Desain Komunikasi Visual. Perubahan
nama ini karena perkembangan media dan teknologi yang begitu pesat.
12.Apa
yang diperlukan seorang desain grafis ?
Desain grafis
memerlukan wawasan yang luas dan disiplin ilmu yang lain. Karena pada dasarnya
seorang desainer adalah seorang pemecah masalah (problem solver) dan
pengambilan keputusan.
13.Haruskah
desainer grafis bisa menggambar manual ?
Tergantung kasusnya,
karena desain grafis banyak cabang keahliannya, antara lain : illustrator, komikus, kartunis, animator3D,
animator2D, character modeler, desain layout majalah webdesigner, multimedia
director dll. Untuk spesialis illustrator, komikus, kartunis kemampuan
menggambar secara manual mutlak dikuasai dengan baik. Namun untuk desain
web,multimedia directo, modeler / animator 3D lebih mengutamakan kemahiran pada
software, namun lebih baik lagi jika menguasai menggambar sketsa.
14.Apa
keuntungan mendesain secara manual / hand-made ?
1.Sentuhan / kesan lebih Manusiawi 2.Kecepatannya untuk menumpahkan gagasan kedalam goresan tangan.
3.kebebasan dengan media dan alat yang ada di alam . anda dapat menggunakan alat gambar seperti kuas, pensil, bata bahkan rambut anda sendiri sebagai kuas.
4.Cocok untuk menggambar naturalis, seperti komik dan ilustrasi.
5.Gambar lebih dipengaruhi kepribadian, sifat dan emosial anda.
15.Apa
kekurangannya mendesain secara manual / hand-made ?
1.Harganya relative mahal 2.Sulit dipublikasikan
3.Waktu pengerjaan / produksi desain relative lama
4.Perlu kecermatan dan kehati-hatian extra
5.Lebih baik memiliki bakat. Bagi yang tidak berbakat dapat pula membuat karya grafis yang berseni, namun diperlukan motivasi yang tinggi dan latihan yang konsisten.
16.Apa
keuntungannya mendesain dengan bantuan computer ?
1.Waktu produksi lebih cepat. Dengan
pengetahuan hardware dan software yang tepat, seorang desain grafis mampu
menyelesaikan banyak karya (seperti undangan, kartu nama) dalam satu hari. 2.Harga desain lebih murah dan kompetitif, sehingga mempercepat perputaran uang .
3.Mudah dipublikasikan
4.Mudah diperbaiki, karena computer mempunyai fasilitas undo dan history
5.Adanya pustaka / library berupa clip art, image, font, dan template yang mempermudah pekerjaan
6.Keterampilan sketsa tangan yang tidak terlalu diutamakan, yang penting punya sense of art dan penuasaan hardware dan software
17.Apa
kekurangannya mendesain dengan bantuan computer ?
1.Karena sentuhan garis dengan computer
relative kaku dan rapih, sehingga
mengurangi kesan manusiawinya. Beberapa kalangan menilai penggunaan computer
desain merupakan seni kaleng yang murahan 2.Ketergantungan terhadap teknologi. Bayangkan jika desainer grafis computer ditempatkan didaerah yang tidak ada listrik dan computer. Bisa jadi dia tidak bisa berbuat apa-apa
3.Dengan mudah dipublikasikan, segi orisinalitas karya grafis computer sering dipertanyakan dan dipermasalahkan
4.Sulit mencurahkan gagasan kedalam gambar dalam waktu singkat. Karena computer grafis lebih cenderung untuk presentasi / finishing bukan sketsa
5.Dengan adanya fasilitas undo dan history, prilaku desainer grafis computer cenderung kurang berhati-hati / ceroboh
6.Perlu mempelajari secara khusus tentang hardware dan software grafis
18.Lalu
saya harus pilih yang mana : manual atau computer ?
Perkembangan teknologi
computer telah banyak merubah proses produksi grafis, termasuk cara berfikirnya
desainer. Ada yang anti computer dan lebih menjagokan hand-made / manual. Ada pula yang maniak computer dan sama sekali tidak mampu / mau membuat seketsa
sekalipun. Atau ada yang menggabungkan keduanya, dengan melihat kekuatan
masing-masing (hand-made & computer ). Anda termasuk yang mana ?
Perdebatan antara kubuh
yang manual dan computer kadang dipermasalahkan karena setiap generasi pada
zamannya lebih fameliar dengan teknik saat itu. Namun masalah tersebut tidak
perlu diperdebatkan lebih jauh karena semuanya tergantung kebutuhan, minat dan
idealism masing-masing individu.
19.Untuk
membuat gambar yang baik apakah perlu bakat sejak lahir ?
Lebih baik begitu. Tapi
bakat saja tidak cukup karena perlu diasah dan dilatih terus menerus. Jika anda
merasa tidak punya bakat, anda harus berfikir lebih cerdas dan berlatih lebih
keras. Namun hal tersebut akan menjadi beban jika anda tidak punya minat
(dengan kata lain : tidak ikhlas)
20.Apa
yang dimaksud dengan “minat” ?
Minat adalah kata lain
dari cinta. Orang sedang jatuh cinta akan memberikan apapun (waktu dan harta)
untuk orang yang dicintainya tanpa berat hati. Begitu pula seorang ibu akan
memberikan apapun kepada anaknya tanpa mengharapkan balas jasa dari sang anak.
Desainer grafis akan bekerja dengan mengorbankan waktu dan biaya demi kepuasan
klien atau target pasar tanpa mengharapkan imbalan.
21.Rugi
dong mendesain cape-cape tapi tidak dibayar ?
Dilihat dari materi
memang rugi, tapi disisi lain anda akan bertambah ilmu, pengalaman dan
portofolio yang bisa diperlihatkan kepada orang lain sebagai bukti track record
anda yang menanjak.
22.Apa
yang membuat seorang berbakat ?
Semua manusia terlahir
bagai kertas kosong. Pengaruh dari keluarga, lingkungan, makanan dll akan
mempengaruhi kemampuan seseorang. Pengaruh luar sadar tersebut menjadikan bakat
seseorang. Namun bila tidak diasah dan dilatih, selamanya akan menjadi bakat
terpendam.
23.Berapa
lama untuk menjadi desainer grafis terbaik ?
Tergantung jam terbang
anda. Jika anda setiap hari berlatih mendesain dan pengalaman yang berbeda.
Bisa jadi dalam 3 bulan orang lain akhirnya akan mengetahui kehebatan karya
anda. Jika anda kuliah di sekolah grafis tapi yang anda hanya membuat tugas 2
minggu sekali, bisa jadi karya anda akan dianggap baik setelah 5 tahun.
24.Perlukah
saya belajar disekolah grafis ?
Tanya dulu pada diri
anda secara jujur. Untuk apa anda sekolah ? mencari ilmu, nilai, ijazah,
koneksi, cari pacar, gelar, status atau gengsi ? jika jawaban anda cenderung
bukan jawaban pertama, sebaiknya tidak perlu sekolah !
25.Jika
saya tidak sekolah apa yang perlu saya kerjakan untuk menjadi desainer grafis ?
Pengalaman adalah guru
yang paling baik. Bukan : dosen adalah guru yang paling baik. Jadi sekolah yang
paling baik adalah alam atau lingkungan anda sendiri. Cobalah terus untuk lebih
banyak member sesuatu pada lingkungan anda dan lihat reaksinya. Evaluasi dan
intropeksi pekerjaan anda. Jika anda sudah menerima banyak pujian dan
penghargaan.
26.Bagaimana
menimbulkan ide dalam mendesain ?
Kadang-kadang ide
muncul saat dalam mendesain kesendirian (khususnya di WC). Namun cara tersebut
tidak dapat diterapkan kepada semua orang. Agar ad aide-ide kreatif dalam
mendesain, banyak-banyaklah bergaul, berpergian, membaca, mendengar, menonton
yang kita suka maupun yang tidak kita suka. Jangan mentang-mentang suka lagu
rock, lalu anda anti dengan lagu dangdut. Karena siapa tahu anda akan mendapat
kerjaan mendesain cover album penyanyi dangdut.
27.Bolehkah
saya meniru / menjiplak ?
Untuk tujuan
pembelajaran, meniru / menjiplak adalah cara yang diperbolehkan bahkan
dianjurkan. Tetapi jika untuk tujuan komersial, anda harus hati-hati jangan
sampai karya anda bermasalah dengan hak
cipta.
28.Karya
kreatif apakah harus orisinil ?
Orisinil adalah hal
yang sulit dicapai 100%. Kalau kita tahu diadakan acara perlombaan mirip
bintang terkenal, maka yang daftar akan berbondong-bondong. Apakah kita akan
mengatakan bahwa tuhan tidak kreatif? Orisinalitas adalah motivasi bagi
desainer agar dirinya lebih actual. Kenyataannya karyanya sering ada kesamaan
dengan karya orang lain baik sadar maupun tidak sadar. “jujur” adalah kata
kuncinya.
Saya
berterima kasih untuk penerbit Hendi
Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan lupa kunjungi dehermawan.blogspot.com
Jangan lupa kunjungi dehermawan.blogspot.com
1 comments:
mantabbb gann..
Post a Comment
Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.