.
Like & Follow Blog Dede Hermawan

×

Cara Membuat Modelling When The Cirle Cry Di 3Ds Max

Posted by dehermawan Thursday, September 18, 2014 0 comments


Tujuan

Masih seperti tutorial membuat logo batman kini logo 2D dibuat dengan teknik yang memudahkan seperti di AutoCAD. Seperti lingkarang yang terpotong, garis tebal, sudut tumpul dan tek melingkar. Logo ditambah modifier Extrude atau Bevel dan Background Bitmap. Tutorial dapat dipraktekan di semua versi 3D studio Max.


Materi
1.Shape : Line, Cirle, Ellipse, Text 
2.Parameter Line : Outline, Trim, Weld, Fillet
      3.Parameter Line : Renderable
4.Modifier : Bend, Extrude 
5.Background : Bitmap
 
1.MODELLING 2D / SHAPPING

Persiapan

Di panel Creat -> Shapes. Buat bentuk 2D : Line (garis), Circle (Lingkaran) dan Ellipse (Oval), sehingga tampil di Viewport Front sebagai berikut.


Merubah Ellipse Menjadi Bentuk Tetesan Air
1.Di Viewport Front, aktifkan ellipse dengan tool Select Object
2.Rubah ellipse menjadi kurva biasa. Klik kanan objek ellipse, pilih menu Convert to -> Convert to Editable Spline


      3.Klik panel Modify, kini parameter ellipse sudah tidak ada, yang ada Cuma parameter Spline yang terdiri dari Vertex, Segment & Spline pilih modus Vertex, dengan tool Select and Move, atau Vertex dan Bezier ellipse sehingga tampil sebagai berikut.
4.Untuk memutar sehingga berdiri, klik tool Select and Rotate, akan tampil lingkaran untuk memutar objek, drag lingkaran terluar sampai 90 drajat sebagai berikut. 
5.Sehingga tampil logo kini menjadi sebagai berikut.
 
Objek Tunggal Dengan Attach Multiple
1.Aktifkan objek Ellipse tersebut dengan tool Select Objek.
2.Untuk membuat bentuk logo, agar dapat dipotong dll, maka ketiga objek tersebut harus dijadikan objek tunggal. Di panel Modify kembali kemodus Editable Spline,(modus sub-object:vertex, segment & Spline tidak ada yang aktif). Klik tombol Attach Multiple.


    3.akan tampil kotak dialog Attach Multiple, klik tombol All untuk memilih semua objek, klik tombol Attach.
4.Beres! Kini ketiga objek telah menjadi objek tunggal.
 
Membuat garis Tebal Dengan Outline
1.Pilih objek tunggal tersebut, klik panel Modify, aktifkan modus Spline.
2.Klik tombol Outline(Drag panel ke atas untuk menemukan tombol tsb.) aktifkan ceklis Center. Drag di garis / line sehingga garis tampak tebal sebagai berikut.

Memotong Garis Sisa Terluar Dengan Trim
1.Klik tombol Trim. Klik di garis / line luar lingkaran dan perpotongan dengan lingkaran. 
2.Hasilnya menjadi sebagai berikut.


     3.Tapi ada masalah lain, perintah Trim akan membuat vertex baru yang masih belum bersatu. Sama seperti tutorial sebelumnya, gunakan tombol Weld. Aktifkan modus Vertex. Pilih kedua vertex yang akan disatukan dengan tool Select Object.
4.Klik tombol Weld, dengan nilai 10. Ulangi Weld tersebut ke pasangan vertex bagian lain (ditandai lingkaran) pada gambar.
 
Membuat Sudut Tumpul Dengan Fillet
1.Setelah di-Weld secara lengkap, maka vertex tersebut dapat dibuat tumpul. Pastikan modus Vertex aktif. 
2.Klik salah satu Vertex tersebut, klik tombol Fillet. Drag di vertex yang akan dibuat tumpul.


      3.Sehingga hasilnya sebagai berikut.
 Membuat Garis Yang Dapat Di Render
1.Bagian yang rumit sudah anda lewati. Kembali kemodus Editable Spline,(modus vetex, segment & spline tidak ada yang aktif). 
2.Beri modifier List Extrude agar terlihat 3 Dimensinya. Klik panel Modify -> Modifier List -> Extrude, atur parameter Amount agar terlihat tebal.
3.Copy logo tersebut, Edit -> Clone, aktifkan ceklis Copy, OK.
4.Kini ada dua logo yang saling tumpang tindih, di Viewport tidak terlihat perbedaannya. Buang Modifier Extrude di salah satu objek tersebut, klik Extrude, lalu klik icon Remove Modifier Frome Stack. 
5.Logo kembali kedua dimensi, atur posisi logo 2 dimensi dengan tool Select and Move, sehingga terpisah dari logo 3 dimensi, sebagai berikut.


   6.Agar objek 2 dimensi dapat dirender, aktifkan objek line tersebut. Klik panel Modify diparameter line tersebbut, aktifkan ceklis Renderable & display Render Mesh sebagai berikut.
7.Atur posisi logo 2 dimensi dengan tool Select and Move agar berada persis pada objek 3D.
 
Teks Mengelilingi Logo Dengan Bend
1.Buat objek teks 2 Dimensi, klik panel Creat -> Shapes -> Text, dengan parameter sebagai berikut.
2.Di Viewport Front, Klik untuk menempatkan teks. Catatan : hati-hati jika sudah klik teks di Viewport segera aktifkan tool Select Object, agar di viewport tidak penuh teks.


    3.Karena teks adalah objek 2 dimensi / shape, agar dapat di-render dan tampil secara 3D, perlu di beri Modifier Extrude dengan parameter (missal) sebagai berikut.
4.Agar teks tersebut melengkung dan sesuai dengan logo, aktifkan teks 3D tersebut, klik panel Modify, beri Modifier List Bend, Atur parameternya sebagai berikut. 
5.Sehingga teks melengkung dan melingkar sebagai berikut.


   6.Agar lebih menarik, anda dapat menambahkan material sesuai selerah anda, klik menu Rendering -> Material Browser, seperti tutorial sebelumnya, anda tinggal drag material (bola) ke objek di viewport.
7.Render (tombol F9 di keyboard)
 
2.BACKGROUND BITMAP
1.Setelah anda render, background masih terlihat hitam, agar background menjadi gambar / image bitmap, klik menu Rendering -> Environment. Aktifkan ceklis Use Map & tombol None, akan tampil kotak dialog Material Map Browser, pilih Bitmap, OK.
2.Pilih di folder mana saja yang akan dijadikan background yang anda sukai. Kalau anda ingin seperti gambar seperti contoh anda dapat mendownload di akhir materi ini.


      3.Silakan render untuk melihat hasilnya (F9) hasilnya kira-kira akan tampil sebagai berikut.
4.Selanjutnya untuk berlatih, silakan coba membuat logo Toyota, TransTV, Soni Ericsson, Indosiar, anda tentu sudah dapat membuat dengan mudah di 3D Studio Max, bukan?

Download
1.Gambar 1
2.Gambar 2 
3.File 


Saya berterima kasih untuk penerbit Hendi Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.

Jangan lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com


0 comments:

Post a Comment

Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.

My Friends

My Site Info