Cara Membuat Modelling When The Cirle Cry Di 3Ds Max
Thursday, September 18, 2014
0
comments
Tujuan
Masih
seperti tutorial membuat logo batman kini logo 2D dibuat dengan teknik yang
memudahkan seperti di AutoCAD. Seperti lingkarang yang terpotong, garis tebal,
sudut tumpul dan tek melingkar. Logo ditambah modifier Extrude atau Bevel dan
Background Bitmap. Tutorial dapat dipraktekan di semua versi 3D studio Max.
Materi
1.Shape : Line, Cirle, Ellipse, Text 2.Parameter Line : Outline, Trim, Weld, Fillet
3.Parameter Line : Renderable
4.Modifier : Bend, Extrude 5.Background : Bitmap
1.MODELLING 2D / SHAPPING
Persiapan
Di
panel Creat -> Shapes. Buat
bentuk 2D : Line (garis), Circle (Lingkaran) dan Ellipse (Oval), sehingga tampil di
Viewport Front sebagai berikut.
Merubah Ellipse Menjadi Bentuk
Tetesan Air
1.Di Viewport Front, aktifkan ellipse dengan tool Select Object2.Rubah ellipse menjadi kurva biasa. Klik kanan objek ellipse, pilih menu Convert to -> Convert to Editable Spline
3.Klik panel Modify,
kini parameter ellipse sudah tidak ada, yang ada Cuma parameter Spline yang terdiri dari Vertex, Segment & Spline pilih
modus Vertex, dengan tool Select and Move, atau Vertex dan Bezier ellipse sehingga tampil sebagai berikut.
4.Untuk memutar sehingga berdiri, klik tool Select and Rotate, akan tampil
lingkaran untuk memutar objek, drag lingkaran terluar sampai 90 drajat sebagai
berikut. 5.Sehingga tampil logo kini menjadi sebagai berikut.
Objek Tunggal Dengan Attach
Multiple
1.Aktifkan objek Ellipse
tersebut dengan tool Select Objek.2.Untuk membuat bentuk logo, agar dapat dipotong dll, maka ketiga objek tersebut harus dijadikan objek tunggal. Di panel Modify kembali kemodus Editable Spline,(modus sub-object:vertex, segment & Spline tidak ada yang aktif). Klik tombol Attach Multiple.
3.akan tampil kotak dialog Attach Multiple, klik
tombol All untuk memilih semua objek,
klik tombol Attach.
4.Beres! Kini ketiga objek telah menjadi objek tunggal.
Membuat garis Tebal Dengan Outline
1.Pilih objek tunggal tersebut, klik panel Modify, aktifkan modus Spline.2.Klik tombol Outline(Drag panel ke atas untuk menemukan tombol tsb.) aktifkan ceklis Center. Drag di garis / line sehingga garis tampak tebal sebagai berikut.
Memotong Garis Sisa Terluar Dengan
Trim
1.Klik tombol Trim.
Klik di garis / line luar lingkaran dan perpotongan dengan lingkaran. 2.Hasilnya menjadi sebagai berikut.
3.Tapi ada masalah lain, perintah Trim akan membuat vertex baru yang masih belum bersatu. Sama
seperti tutorial sebelumnya, gunakan tombol Weld. Aktifkan modus Vertex.
Pilih kedua vertex yang akan disatukan dengan tool Select Object.
4.Klik tombol Weld,
dengan nilai 10. Ulangi Weld tersebut ke pasangan vertex bagian
lain (ditandai lingkaran) pada gambar.
Membuat Sudut Tumpul Dengan Fillet
1.Setelah di-Weld secara lengkap, maka vertex tersebut
dapat dibuat tumpul. Pastikan modus Vertex
aktif. 2.Klik salah satu Vertex tersebut, klik tombol Fillet. Drag di vertex yang akan dibuat tumpul.
3.Sehingga hasilnya sebagai berikut.
Membuat Garis Yang Dapat Di Render
1.Bagian yang rumit sudah anda lewati. Kembali kemodus
Editable Spline,(modus vetex,
segment & spline tidak ada yang aktif). 2.Beri modifier List Extrude agar terlihat 3 Dimensinya. Klik panel Modify -> Modifier List -> Extrude, atur parameter Amount agar terlihat tebal.
3.Copy logo tersebut, Edit -> Clone, aktifkan ceklis Copy, OK.
4.Kini ada dua logo yang saling tumpang tindih, di Viewport tidak terlihat perbedaannya. Buang Modifier Extrude di salah satu objek tersebut, klik Extrude, lalu klik icon Remove Modifier Frome Stack.
5.Logo kembali kedua dimensi, atur posisi logo 2 dimensi dengan tool Select and Move, sehingga terpisah dari logo 3 dimensi, sebagai berikut.
6.Agar objek 2 dimensi dapat dirender, aktifkan objek
line tersebut. Klik panel Modify diparameter
line tersebbut, aktifkan ceklis Renderable
& display Render Mesh sebagai berikut.
7.Atur posisi logo 2 dimensi dengan tool Select and Move agar berada persis pada
objek 3D.
Teks Mengelilingi Logo Dengan Bend
1.Buat objek teks 2 Dimensi, klik panel Creat -> Shapes -> Text, dengan
parameter sebagai berikut.2.Di Viewport Front, Klik untuk menempatkan teks. Catatan : hati-hati jika sudah klik teks di Viewport segera aktifkan tool Select Object, agar di viewport tidak penuh teks.
3.Karena teks adalah objek 2 dimensi / shape, agar
dapat di-render dan tampil secara 3D, perlu di beri Modifier Extrude dengan parameter (missal)
sebagai berikut.
4.Agar teks tersebut melengkung dan sesuai dengan
logo, aktifkan teks 3D tersebut, klik panel Modify, beri Modifier List Bend,
Atur parameternya sebagai berikut. 5.Sehingga teks melengkung dan melingkar sebagai berikut.
6.Agar lebih menarik, anda dapat menambahkan material
sesuai selerah anda, klik menu Rendering
-> Material Browser, seperti tutorial sebelumnya, anda tinggal drag
material (bola) ke objek di viewport.
7.Render (tombol F9
di keyboard)
2.BACKGROUND BITMAP
1.Setelah anda render, background masih terlihat
hitam, agar background menjadi gambar / image bitmap, klik menu Rendering -> Environment. Aktifkan
ceklis Use Map & tombol None, akan tampil kotak dialog Material Map Browser, pilih Bitmap, OK.2.Pilih di folder mana saja yang akan dijadikan background yang anda sukai. Kalau anda ingin seperti gambar seperti contoh anda dapat mendownload di akhir materi ini.
4.Selanjutnya untuk berlatih, silakan coba membuat logo Toyota, TransTV, Soni Ericsson, Indosiar, anda tentu sudah dapat membuat dengan mudah di 3D Studio Max, bukan?
Download
1.Gambar 1
2.Gambar 2
3.File
Saya
berterima kasih untuk penerbit Hendi
Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan
lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment
Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.