.
Like & Follow Blog Dede Hermawan

×

Cara Membuat Modelling ShineFX di 3Ds Max

Posted by dehermawan Thursday, September 18, 2014 0 comments


Tujuan
Jika anda pengguna Adobe After Effects, tentu mengenal plugin Trapcode Shine untuk efek teks memancarkan cahaya. Efek ini popular dipakai untuk opening acara televise. Dengan 3D Studio Max dapat pula diciptakan kesan tersebut, cara ini salah satu cara dari beberapa teknik yang ada di 3D Studio Max. Tutorial dapat di praktekan di semua versi 3D Studio Max.
Materi 
1.Modifier : Extrude, Cap Start & End
2.Material : Opacity , Gradient  
3.Material : Extended Parameter , Additive
4.Animasi : Extrude
1.MODELLING 2D / SHAPPING
Text “Shine Effect” 
1.Di panel Creat -> Shape -> Text, dengan parameter sebagai berikut, lalu klik di Viewport Front.
2.Klik panel Modify -> Modifier List -> Extrude, agar menjadi 3D.
3.Copy teks tersebut, klik menu Edit -> Clone, lalu atur parameter Extrude pada objek teks yang baru, sebagai berikut.
4.Kini anda mempunyai 2 objek dengan tulisan yang sama hanya beda ketebalan / Amount & Capping nya saja.
Kesan Cahaya Material Opacity 
1.Klik menu Render -> Material Editor, untuk membuka kotak dialog pembuatan material.
2.Pada tab Maps, aktifkan ceklis Opacity, klik tombol None, maka tampil banyak pilihan material, pilih Gradient, OK. 
3.Akan tampil parameter untuk Gradient, matikan ceklis Tile agar gradasi tidak berulang-ulang.
4.Drag slot aktif di material editor ke objek teks yang tebal.
5.Render pekerjaan anda (F9) atau dengan tool Quick Render. 
6.Hasilnya memang seperti cahaya keluar dari atas, tapi kurang silau. Agar lebih terang / silau, di Material Editor, buka tab Extended Parameters, aktifkan ceklis Additive. 
7.Render ulang, tekan tombol F9. OK hasilnya cahaya sudah lebih terang seperti gambar berikut.

 Finishing Touch 
1.Kini menambah sedikit sentuhan akhir. Agar cahaya terlihat 2 sisi sehingga lebih kompleks, aktifkan ceklis 2-Sided. 
2.Agar cahaya terlihat panas, ganti warna Diffuse dengan warna coklat dengan nilai sebagai berikut.
3.Ubah pandangan Viewport Perspective dengan tool Arc Rotate, tool Zoom dan Field of View agar pandangan lebih luas dan perpektifnya,sebagai berikut. Anda tentu sudah pengalaman menggunakan tools tersebut bukan?
4.Agar lebih terasa pemainan cahayanya, buat cahaya omni, klik panel Creat -> Light -> Omni, buat 2 buah cahaya diatas dan dibawah teks seperti posisi pada viewport berikut.
5.Selesai, silakan render (F9) , hasilnya kini sebagai berikut.
Animasi Cahaya Memancar 
1.Aktifkan Viewport Perspective 
2.Kita akan membuat animasikan cahaya dari teks. Aktifkan AutoKey 
3.Pastikan Time Slider diawal animasi (frame 0/100)
4.Klik panel Modify, atur parameter Extrude : Amount missal 0.5 agar cahaya teks tampil tipis, sebagai berikut.
5.Geser Time Slider ke dekat akhir animasi (frame 90/100)
6.Atur parameter Extrude : Amount missal 100, agar cahaya teks tampil tebal sebagai berikut. 
7.Play Animationkini ketebalan teks akan animasi dari tipis menjadi tebal.
8.Silakan render animasi anda dengan format AVI. Klik menu Rendering -> Render. Hasilnya akan seperti cahaya memancarkan dari teks bukan? Selamat berkreasi….

Download
Saya berterima kasih untuk penerbit Hendi Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.

My Friends

My Site Info