.
Like & Follow Blog Dede Hermawan

×

Pengertian Desain Grafis

Posted by dehermawan Friday, October 3, 2014 1 comments
Saya berterima kasih untuk penerbit Hendi Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan lupa kunjungi terus dehermawan.blogspot.com
- See more at: http://dehermawan.blogspot.com/2014/09/cara-membuat-animasi-when-children-fly.html#sthash.tdRmPqM8.dpuf

Hallo sahabat blogger kali ini saya akan membagikan kepada kalian tentang desiner grafis. Banyak pertanyaan didalam diri kita tentang apa shi desain grafis itu dan apa shi kegunaanya desain grafis tersebut. Pertanyaan seperti itu sekarang akan dibahas dibawah ini. Simak dengan baik supaya kalian mengerti tentang desainer grafis.
 
1.Apa yang di maksud dengan Desain Grafis ?
Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam Gambar.

2.Apa saja lingkup kerja desainer grafis ?
Banyak sekali, antara lain : desainer cover buku, layout halaman , coverCD, interface, brosur, undangan, kartu nama, sign system, logo, web design, animasi, packging/kemasan, ilustrasi, game, modeller3D, foto digital, iklan dll.

3.Wah, kalau gitu semua orang bisa jadi desainer dong ?
Ya, setiap orang adalah desainer ! secara tidak sadar anda sering mencoret-coret buku tulis, membuat undangan, membuat kaligrafi nama anda, menempel gambar dikamar, memilih warna cat rumah, semua adalah pekerjaan desainer.

4.Dimana saja perkerjaan desainer grafis ?
Biasanya dipercetakaan, penerbit, image setting, foto setudio, biro iklan, production house dll.

5.Itu saja tempat kerja desainer grafis ?
Tentu saja tidak. Bisa juga bekerja diperusahaan yang tidak ada hubungan langsung dengan media-media tersebut. Kemungkinan dapat diperkerjakan sebagai karyawan. Freelance atau rekan yang tugasnya membuat tampilan laporan, pesentasi, proposal, desain sepanduk, promosi dll agar lebih menarik. Oleh karena itu setiap perusahaan atau individu memerlukan pekerjaan desain grafis. Mana ada sih perusahaan yang tidak punya kartu nama, kop surat atau bentuk promosi lainnya? Itu semua adalah pekerjaan desain grafis ?

6.Selain kerja diperusahaan, bisa tidak membuat usaha sendiri ?
Itu yang dicari desainer: kebebasan waktu dan financial. Jika sudah banyak pengalaman dan portofolio, anda bisa membuat usaha sendiri dengan modal ruang produksi, computer dan uang downpayment dari klien, anda sudah bisa menerima pekerjaan/ order desain.

7.Saya ga keterima jadi karyawan, juga takut kalau buka usaha. Terus gimana ?
Jadi instructor / pengajar. Lumayan sambil menunggu proyek yang lebih besar, ilmu kita juga akan tetap hangat terus. Dengan banyak member ilmu, kita akan semakin pintar, awet muda dan insyaallah menjadi modal di akherat kelak. Setelah anda banyak pengalaman dan ilmu, segera abadikan lewat buku, website dll, lalu siap-siaplah dilamar pekerjaan (bukan melamar pekerjaan) dan menerima passive income.

8.Bagaimana menentukan harga sebuah desainer ?

Untuk menentukan harga karya sendiri, ada beberapa pendekatan :
1.Menentukan harga sesuai kerumitan dan sumber daya yang dipakai 
2.Menentukan harga sesuai budget klien, kualitas menyesuaikan 
3.Menentukan harga sesuai harga pesaing di pasaran dll
 
9.Pendekatan apa yang paling baik ?
Tidak ada yang lebih baik. Tergantung tujuan dan srategi anda. Jika saya pribadi menghindari pendekatan ke 3, karena karya seni mempunyai nilai yang khas. Ada factor fortopolio, pengalaman, nama besar dll. Dengan meningkatkan kualitas dan pengalaman kita akan tinggi pula daya saing dan daya jual karya kita.

10.Media/sarana apa saja yang bisa dipakai sebagai media komunikasi grafis ?
Untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public, diperlukan media/atau sarana antara lain :
1.Media Cetak : missal : poster, brosur, buku, stiker, cover CD/kaset, leaflet, tas belanja, kartu nama, iklan majalah/Koran. 
2.Media Luar Ruang : missal : spanduk, banner, X-banner, billboard, papan nama, neon sign, baliho, mobil box. 
3.Media Elektronik : missal : televise, film, internet, handphone, computer, radio dll. 
4.Tempat Pajang / Display : missal : etalase, desain gantung, floor stand. 
5.Barang-barang Kenangan / Special Offer : missal : kaos, topi, payung, gelas, souvenir, tas dll.
 
11.Apa bedanya desain grafis dan Desain komunikasi visual ?
Sebenernya tidak terlalu berbeda. Desain grafis ini lebih dikenal sebagai nama Desain Komunikasi Visual. Perubahan nama ini karena perkembangan media dan teknologi yang begitu pesat.

12.Apa yang diperlukan seorang desain grafis ?
Desain grafis memerlukan wawasan yang luas dan disiplin ilmu yang lain. Karena pada dasarnya seorang desainer adalah seorang pemecah masalah (problem solver) dan pengambilan keputusan.

13.Haruskah desainer grafis bisa menggambar manual ?
Tergantung kasusnya, karena desain grafis banyak cabang keahliannya, antara lain  : illustrator, komikus, kartunis, animator3D, animator2D, character modeler, desain layout majalah webdesigner, multimedia director dll. Untuk spesialis illustrator, komikus, kartunis kemampuan menggambar secara manual mutlak dikuasai dengan baik. Namun untuk desain web,multimedia directo, modeler / animator 3D lebih mengutamakan kemahiran pada software, namun lebih baik lagi jika menguasai menggambar sketsa.

14.Apa keuntungan mendesain secara manual / hand-made ?
1.Sentuhan / kesan lebih Manusiawi  
2.Kecepatannya untuk menumpahkan gagasan kedalam goresan tangan.
3.kebebasan dengan media dan alat yang ada di alam . anda dapat menggunakan alat gambar seperti kuas, pensil, bata bahkan rambut anda sendiri sebagai kuas. 
4.Cocok untuk menggambar naturalis, seperti komik dan ilustrasi. 
5.Gambar lebih dipengaruhi kepribadian, sifat dan emosial anda.
 
15.Apa kekurangannya mendesain secara manual / hand-made ?
1.Harganya relative mahal  
2.Sulit dipublikasikan 
3.Waktu pengerjaan / produksi desain relative lama 
4.Perlu kecermatan dan kehati-hatian extra 
5.Lebih baik memiliki bakat. Bagi yang tidak berbakat dapat pula membuat karya grafis yang berseni, namun diperlukan motivasi yang tinggi dan latihan yang konsisten.
 
16.Apa keuntungannya mendesain dengan bantuan computer ?
1.Waktu produksi lebih cepat. Dengan pengetahuan hardware dan software yang tepat, seorang desain grafis mampu menyelesaikan banyak karya (seperti undangan, kartu nama) dalam satu hari.  
2.Harga desain lebih murah dan kompetitif, sehingga mempercepat perputaran uang . 
3.Mudah dipublikasikan 
4.Mudah diperbaiki, karena computer mempunyai fasilitas undo dan history 
5.Adanya pustaka / library berupa clip art, image, font, dan template yang mempermudah pekerjaan 
6.Keterampilan sketsa tangan yang tidak terlalu diutamakan, yang penting punya sense of art dan penuasaan hardware dan software
 
17.Apa kekurangannya mendesain dengan bantuan computer ?
1.Karena sentuhan garis dengan computer relative kaku dan rapih, sehingga mengurangi kesan manusiawinya. Beberapa kalangan menilai penggunaan computer desain merupakan seni kaleng yang murahan  
2.Ketergantungan terhadap teknologi. Bayangkan  jika desainer grafis computer ditempatkan didaerah yang tidak ada listrik dan computer. Bisa jadi dia tidak bisa berbuat apa-apa
3.Dengan mudah dipublikasikan, segi orisinalitas karya grafis computer sering dipertanyakan dan dipermasalahkan 
4.Sulit mencurahkan gagasan kedalam gambar dalam waktu singkat. Karena computer grafis lebih cenderung untuk presentasi / finishing bukan sketsa 
5.Dengan adanya fasilitas undo dan history, prilaku desainer grafis computer cenderung kurang berhati-hati / ceroboh 
6.Perlu mempelajari secara khusus tentang hardware dan software grafis
 
18.Lalu saya harus pilih yang mana : manual atau computer ?
Perkembangan teknologi computer telah banyak merubah proses produksi grafis, termasuk cara berfikirnya desainer. Ada yang anti computer dan lebih menjagokan hand-made / manual. Ada pula yang maniak computer dan sama sekali tidak mampu / mau membuat seketsa sekalipun. Atau ada yang menggabungkan keduanya, dengan melihat kekuatan masing-masing (hand-made & computer ). Anda termasuk yang mana ?
Perdebatan antara kubuh yang manual dan computer kadang dipermasalahkan karena setiap generasi pada zamannya lebih fameliar dengan teknik saat itu. Namun masalah tersebut tidak perlu diperdebatkan lebih jauh karena semuanya tergantung kebutuhan, minat dan idealism masing-masing individu.

19.Untuk membuat gambar yang baik apakah perlu bakat sejak lahir ?
Lebih baik begitu. Tapi bakat saja tidak cukup karena perlu diasah dan dilatih terus menerus. Jika anda merasa tidak punya bakat, anda harus berfikir lebih cerdas dan berlatih lebih keras. Namun hal tersebut akan menjadi beban jika anda tidak punya minat (dengan kata lain : tidak ikhlas)

20.Apa yang dimaksud dengan “minat” ?
Minat adalah kata lain dari cinta. Orang sedang jatuh cinta akan memberikan apapun (waktu dan harta) untuk orang yang dicintainya tanpa berat hati. Begitu pula seorang ibu akan memberikan apapun kepada anaknya tanpa mengharapkan balas jasa dari sang anak. Desainer grafis akan bekerja dengan mengorbankan waktu dan biaya demi kepuasan klien atau target pasar tanpa mengharapkan imbalan.

21.Rugi dong mendesain cape-cape tapi tidak dibayar ?
Dilihat dari materi memang rugi, tapi disisi lain anda akan bertambah ilmu, pengalaman dan portofolio yang bisa diperlihatkan kepada orang lain sebagai bukti track record anda yang menanjak.

22.Apa yang membuat seorang berbakat ?
Semua manusia terlahir bagai kertas kosong. Pengaruh dari keluarga, lingkungan, makanan dll akan mempengaruhi kemampuan seseorang. Pengaruh luar sadar tersebut menjadikan bakat seseorang. Namun bila tidak diasah dan dilatih, selamanya akan menjadi bakat terpendam.

23.Berapa lama untuk menjadi desainer grafis terbaik ?
Tergantung jam terbang anda. Jika anda setiap hari berlatih mendesain dan pengalaman yang berbeda. Bisa jadi dalam 3 bulan orang lain akhirnya akan mengetahui kehebatan karya anda. Jika anda kuliah di sekolah grafis tapi yang anda hanya membuat tugas 2 minggu sekali, bisa jadi karya anda akan dianggap baik setelah 5 tahun.

24.Perlukah saya belajar disekolah grafis ?
Tanya dulu pada diri anda secara jujur. Untuk apa anda sekolah ? mencari ilmu, nilai, ijazah, koneksi, cari pacar, gelar, status atau gengsi ? jika jawaban anda cenderung bukan jawaban pertama, sebaiknya tidak perlu sekolah !

25.Jika saya tidak sekolah apa yang perlu saya kerjakan untuk menjadi desainer grafis ?
Pengalaman adalah guru yang paling baik. Bukan : dosen adalah guru yang paling baik. Jadi sekolah yang paling baik adalah alam atau lingkungan anda sendiri. Cobalah terus untuk lebih banyak member sesuatu pada lingkungan anda dan lihat reaksinya. Evaluasi dan intropeksi pekerjaan anda. Jika anda sudah menerima banyak pujian dan penghargaan.

26.Bagaimana menimbulkan ide dalam mendesain ?
Kadang-kadang ide muncul saat dalam mendesain kesendirian (khususnya di WC). Namun cara tersebut tidak dapat diterapkan kepada semua orang. Agar ad aide-ide kreatif dalam mendesain, banyak-banyaklah bergaul, berpergian, membaca, mendengar, menonton yang kita suka maupun yang tidak kita suka. Jangan mentang-mentang suka lagu rock, lalu anda anti dengan lagu dangdut. Karena siapa tahu anda akan mendapat kerjaan mendesain cover album penyanyi dangdut.

27.Bolehkah saya meniru / menjiplak ?
Untuk tujuan pembelajaran, meniru / menjiplak adalah cara yang diperbolehkan bahkan dianjurkan. Tetapi jika untuk tujuan komersial, anda harus hati-hati jangan sampai  karya anda bermasalah dengan hak cipta.

28.Karya kreatif apakah harus orisinil ?
Orisinil adalah hal yang sulit dicapai 100%. Kalau kita tahu diadakan acara perlombaan mirip bintang terkenal, maka yang daftar akan berbondong-bondong. Apakah kita akan mengatakan bahwa tuhan tidak kreatif? Orisinalitas adalah motivasi bagi desainer agar dirinya lebih actual. Kenyataannya karyanya sering ada kesamaan dengan karya orang lain baik sadar maupun tidak sadar. “jujur” adalah kata kuncinya.

Saya berterima kasih untuk penerbit Hendi Hendratman karena saya Cuma ingin share materi yang saya plajari.
Jangan lupa kunjungi dehermawan.blogspot.com

1 comments:

Unknown said...

mantabbb gann..

Post a Comment

Maaf kalau komentar yang kalian kirim tidak saya bales dikarenakan saya tidak online setiap hari . Bila ingin langsung saya bales kunjungi fans page facebook saya.
komentar yang tidak baik akan saya hapus. Berkomentarlah yang sopan dan satun.

My Friends

My Site Info